iklan test

Jumat, Februari 09, 2007

IGOS, Open Source dan kata Gratis

Salah satu hal yang menurut saya merupakan kesalahan yang tidak terlihat adalah mengkonotasikan Free Open Source Software sebagai Perangkat Lunak Gratis. Baik dari tanggapan saya terhadap pertemuan aktivis linux di Depok maupun dalam diskusi mengenai IGOS dan Open Source yang berlangsung di milis AWARI yang bertajuk "IGOS.. Merdeka !".

Diskusi yang berawal dari balasan Bpk Kusmayanto Kadiman terhadap Jamil Faisal yang mengajak untuk mengadakan Road Show ke daerah daerah mempromosikan Open Source yang berkembang menjadi diskusi tentang usulan Kang Onno W Purbo yang memimpikan Open Source di masukkan ke dalam Undang Undang. Saya sendiri menggaris bawahi sebuah tanggapan yang mengatakan sebagai berikut:
kalo menurut saya jangan hanya open source.
jangan hanya terbuka..

TAPI JUSTRU HARUS GRATISSSSSSSSSSSSSSSS....

Inilah yang semestinya dihindari dalam kampanye penggunaan Free Open Source Software. Tidak ada yang gratis di dunia ini. Kata gratis ini juga berkonotasi kurang baik di dunia bisnis, akan sulit menembus dunia bisnis jika kampanye Free Open Source Software di konotasikan gratis. Selain berkonotasi jelek, akan menyulitkan kalangan Free Open Source Software sendiri dalam ber bisnis ke depan ( Tenaga dan pikiran kan tidak gratis! ). Jadi himbauan saya kepada yang aktif ber kampanye dan memperjuangkan Free Open Source Software: Berhentilah menggunakan kata-kata "gratis".

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalau diganti dengan kata "bebas" bagaimana? Lebih mengena maknanya dengan makna Open Sourde itu sendiri.

kunderemp mengatakan...

memang seharusnya menggunakan kata "bebas". Terjemahan resmi Free Software adalah "Perangkat Lunak Bebas". Bisa dilihat di situs fsf.org.

feha mengatakan...

saya setuju bahwa sedini mungkin kita harus merubah konsep "free" dari gratis menjadi "bebas".

maklumlah secara kamus, makna free pastinya lebih identik dengan gratis....

ak mengatakan...

you should think of free as in free speech, not as in free beer. :)