iklan test

Sabtu, November 26, 2005

Suse oh Suse :)

Hari Sabtu di kampus biasanya urusan kerjaan tidak berat, maklumlah namanya juga akhir minggu. lagipula Sabtu kemarin ( 26 Nop 2005) aku cuma dapat tugas untuk bikin logo untuk Sekolah Tinggi Teknologi dan Komputer yang bakal didirikan di Makassar.

Forget about that, kali ini kita ngomongin Suse 10 know as OpenSuse :) karena iso 4 CD sudah di download waktu lebaran kemarin tapi belum sempat di coba. Maka aku bakar lah 4 CD dan dalam waktu 1 jam selesai.

Sampai di kampus, rupanya ada yang berbaik hati untuk menginstall Suse di desktop-nya untuk percobaan. Maka di opreklah komputer tersebut, di bagi bagi partisi ( Suse dapat jatah 9 Gb) dan setelah semuanya siap, CD #1 masuk ke cd-drive, komputer di restart.

No comment about installation, karena aku tidak ikut campur, aku biarin aja rekan yang TIDAK PERNAH install LINUX yang nanganin, aku cuman ngasih tau 1 hal: network di set ke DHCP. So, for all windowers out there masih mau bilang susah install linux? :))

60 menit instalasi selesai.

Tampilan? jangan ditanya, KDE 3.4 bener-bener KOOL dan Suse ini berjalan di RAM 128 minus 8mb buat VGA.

Sekarang, kita bicara so BUG, yups.. setelah selesai menikmati instalasi baru si desktop di restart untuk masuk ke Windows 2000 dan terbukalah sebuah bug, si GRUB tidak bisa loading Partisi Jendela 2000. Coba di googling dan hasilnya memang ada sebuah bug di Suse sehingga dual boot jadi bermasalah.

Berhubung hari Sabtu dan kita lagi males utak atik (ada kok caranya atasi) aku pinjamin CD Ubuntu aja, yes...Ubuntu for the rescue :)) so... Niat mencoba Suse10 berakhir dengan terinstallnya Ubuntu.

Tidak ada komentar: