iklan test

Kamis, Juni 23, 2005

Masalah driver di Linux

Kebanyakan user saat ini terbiasa dengan istilah "driver" pada windows, sehingga pada saat mereka mencoba meng-install Linux di pc mereka maka bayangan yang paling mengerikan adalah adakah driver untuk peralatan di pc saya?

Memang isu kompatibilitas adalah salah satu isu yang menonjol di kalangan pengguna Linux, meskipun ini sebenarnya tidak fair, karena jika kita lihat secara jernih masalahnya ada pada vendor yang tidak membuka spesifikasi peralatan yang mereka buat sehingga komunitas linux tidak bisa membuatkan driver untuk mendukung peralatan mereka.

Bicara soal peralatan yang jalan, (hampir) semua peralatan bisa jalan di Linux, beberapa malah jalan lebih bagus ;)

Tapi, kita tinggalkan saja yang sudah jalan, kita bahas saja yang belum/tidak jalan. List-nya saya buat berdasarkan apa yang saya hadapi, jika anda kebetulan membaca tulisan ini dan mendapatkan problem pada peralatan anda, saya harap anda bisa menginformasikan kepada saya. List ini berdasarkan peralatan yang di jual umum dan banyak dipasaran.

1. Printer : Canon pixma IP1000 ( keluarga pixma 2000 - 3000 bisa berjalan dengan driver bjc 7100)
2. Internal Modem ( sebagian bisa jalan, sebagian lagi belum, lihat http://linmodem.org )
4. Scanner: Canon D646U-ex, Canon 3000 ( lihat keterangan di http://sane-project.org )
....
untuk perangkat wireless LAN, bisa coba menggunakan ndiswrapper + windows driver, beberapa sudah saya coba dan hasilnya memuaskan.

5 komentar:

Neo candra mengatakan...

Masak bisa sih mas Canon D646u ex Jalan di linux, aku dah install sane dan bahkan sane backend juga saneX, masih ga bisa jalan tuh Xscanimage nya.

Klo mas tau rahasianya tolong kasih tau dong, plsss, tlg kirimin aku email ya ke sweet_evil_j@yahoo.com

thanks

Irwin Day mengatakan...

Wah, sori.. mungkin tulisan saya jadi rancu yah, maksudn saya adalah perangkat yang saya tulis itu mengalami problem untuk dioperasikan dengan Linux :(

Anonim mengatakan...

wah kayaknya pisma memang mebingungkan, udah saya coba pake driver bjfilter-pixma ip 1000 2.50 hasil downloand and instalasi ok tidak ada masalah library tetap tidak mau jalan, pixmaku hanya ngeblink aja, coba pake driver bjc 7100 ngikutin saran sama aja, tolong dong, mumpung udah enak banget make ubuntunya.
yanjah498@linuxmail.org

Anonim mengatakan...

Saya pengen tahu bagaimana langkah-langkah cara meng instal ndiswrapper,klau memang harus download veris berapa dan ada diwebsite apa..??, soalnya saya dah mencoba menginstal wireless tapi tidak berhasil... saya minta tolong yah...

otoy21 mengatakan...

gini aja mas ...
buat scanner yg gak jalan di linuz..
solusinya..
pake dualboot aja..
win** & linuz
saran ini gua pernah dapet dari
website scanner yg
tidak men-support linux===

kebetulan saya pake..
canon 4400F