iklan test

Jumat, Juni 24, 2005

Aplikasi apa yg bisa saya gunakan di Linux?

Judul di atas adalah pertanyaan yang paling sering saya dengar setiap kali mengajak orang untuk menggunakan linux.

Pertanyaan ini gampang-gampang susah, gampangnya karena setelah bertahun-tahun menggunakan linux saya sudah terbiasa dengan aplikasi - aplikasi yang ada di linux beserta kekurangan dan kelebihannya. Susahnya, kalo mereka berharap supaya penggunaan aplikasi di linux sama persis dengan yang mereka gunakan saat ini ..hehehe...

List dibawah ini adalah aplikasi yg saya gunakan sehari-hari di Linux, saya tidak membahas aplikasi server, karena batasannya adalah aplikasi desktop.

Office Application:
- OpenOffice.Org
Open Office adalah versi GPL dari Star Office, berjalan di Linux dan WIndows. Perbedaannya dengan StarOffice hanyalah pada faktor support dari Sun MicroSystem dan tambahan seperti Clip Art. dari sisi Useability tidak ada bedanya. Pengguna MS Office semestinya tidak bermasalah menggunakan OpenOffice karena tampilan dan menunya hampir sama. Salah satu fasilitas yang saya suka di OpenOffice adalah kemampuan untuk mengekspor ke format PDF. OpenOffice juga mampu membaca dan menulis ke format MS-Office (doc, xls, ppt), sehingga (hampir) tdk ada masalah dengan pengguna MS-Office.

Mail Application:
- Thunderbird
Ini adalah email client dari mozilla foundation, tadinya saya adalah pengguna setia Netscape Mail, tapi sejak adanya thunderbird saya berpindah, alasannya simple: lebih ringan dan fasilitas kurang lebih sama. Selain thunderbird, email client lain:
- Kmail
ini adalah email client bawaan KDE, ringan dan cepat. banyak fasilitas yang bagus termasuk sistem filter milis yang menarik.
- Evolution
saya lihat email client ini mirip dengan outlook (outlook! NOT outlook express)

Browser
- Firefox
Take back the Web! yups, ini slogannya firefox dan memang sejak kemunculannya banyak yang beralih ke browser ini. tampilan clean tapi dengan mudah di modifikasi dengan berbagai theme yang tersedia di situs mozilla.org. Browser ini berhasil menggeser Opera dari posisi pertama di desktop ku walau dengan alasan tertentu saya tetap menggunakan Opera.
- Opera
Fastest Browser on earth! slogan ini memang benar, Opera memang lebih cepat dari browser lainnya. Fasilitas melimpah. Sayangnya versi terakhir terasa lebih berat daripada sebelumnya. Tidak ada masalah di PC yang cepat tentunya. Browser ini juga include email client.

Internet Messaging
- Gaim
The Universal Messaging. Nah buat yang suka messaging ini dia pengganti YM minus webcam dan voice. Bukan masalah karena koneksi internet di Indonesia yang (umumnya) terbatas kebanyakan tidak perlu akses webcam dan voice. Buat yang perlu webcam dan voice bisa gunakan:
- Gyach Enhanced
Nah kalo yang ini dedicated ke Yahoo Messaging dan ada fasilitas webcam dan voice chat.
- Kopete
Yang baru katanya udah mendukung Yahoo WebCam

Chatting
- XChat
Buat yang suka chatting lewat IRC nah ini dia irc client yang asik :)

Graphics Application
- GIMP
GNU Image Manipulation Program, sudah cukup terkenal dikalangan image manipulator :) buat yang biasa menggunakan photo shop atau photo paint mungkin heran kenapa program seperti/sebagus ini bisa bebas digunakan.

Picture Viewer
- GQView
Image viewer, buat melihat file gambar digital kita
- KuickShow
Image viewer, kalo yang ini KDE full feature free image viewer

Kalo diterusin bisa banyak banget nih haahahaha... udahlah, daripada cuman baca dan denger, install aja Linux di komputer mu.

Tidak ada komentar: