iklan test

Minggu, Agustus 21, 2005

Saya kena Virus!

Setiap kali membaca berita mengenai virus komputer selalu terlintas di pemikiran saya mengapa gangguan virus ini seperti tidak pernah bisa di atasi? Penamaan virus untuk program komputer yang menganggu ini sepertinya cocok betul dengan sifat yang dikandungnya. Bagaimana dengan antivirus? Saya kira sebagian besar pengguna komputer tahu jika anti virus bereaksi setelah virus muncul.

Semakin hari, serangan virus semakin beragam bentuknya dan semakin ganas dan semakin tidak terkendali. Internet menyebabkan penyebaran virus menjadi global dan dalam hitungan menit bisa menyebar keseluruh dunia. Gangguan virus saat ini bisa menyebabkan sebuah organisasi berhenti bekerja menggunakan komputer dalam hitungan hari. Nilai kerugian jangan ditanya lagi, sangat besar.

Kesulitan utama dari penanggulangan serangan virus adalah karena sistem yang anda gunakan memang menyediakan lobang keamanan untuk ditembus oleh virus. Anti virus cuma bisa menjaga dari serangan virus yang sudah diketahui bagaimana dengan virus model baru? Sayang sekali belum ada metoda yang efektif, sehingga selalu harus ada korban dulu baru dibuatkan anti virusnya. Sebagian pengguna komputer bahkan sudah pasrah dan menganggap virus sebagai suatu wajar dalam lingkungan komputer.
Virus, disebabkan sebuah kelemahan dari sistem operasi yang sebenarnya cukup mengherankan kenapa sampai sekarang kelemahan itu masih "dipelihara", apakah disebabkan bisnis software anti virus yang nilainya sudah mencapai miliran dollar? Bisa jadi, tapi hal itu tidak usah kita pikirkan jika kita termasuk orang-orang yang bisa dan mau bebas dari virus komputer.

Apakah anti virus adalah satu-satunya cara menghindari serangan virus ini? Tidak, ada beberapa hal yang musti dilakukan dalam menghindari virus. Namun, sayang sekali kenyataan menunjukkan bahwa hal ini lebih banyak disadari sebagian pengguna komputer yang tingkatannya sudah ahli sehingga sedikit sekali pengaruhnya dan itupun belum menjamin 100%.

Percayakah anda jika saya mengatakan bahwa sistem komputer kita bisa bebas 100% dari virus? Bahkan tanpa perlu melakukan perlakuan khusus, software anti virus ataupun ketakutan membuka dokumen dari internet. Silahkan tidak percaya, tapi sejak saya menggunakan Linux saya tidak pernah kuatir dengan virus komputer dan derivatifnya. Selama bertahun-tahun saya menatap kasihan kepada orang-orang yang datang kemudian berkata "Komputer saya kena virus apa yang harus saya lakukan?" padahal yang dia lakukan di komputer hanyalah mengetik dan membuat laporan.

Cara yang paling manjur untuk tidak kena virus komputer adalah menggunakan Operating System Linux, perkembangan yang sangat cepat membawa Linux ke era baru dimana penetrasinya sudah bukan lagi di area Server dan Jaringan tapi sudah merambah ke meja-meja kerja korporasi, rumah dan pengguna umum komputer. Operating System bebas pakai sudah mencapai titik dimana pemakaian dan perawatannya mudah dan gampang. Anggapan bahwa Linux susah digunakan sebenarnya hanya isu kuno yang dilancarkan oleh produsen operating system yang takut pasarnya digeser oleh Linux. Isu itu tidak pernah terbukti malah yang terjadi semakin banyak pribadi, perusahaan bahkan negara yang mengadopsi linux kedalam sistem komputer mereka.

Kalimat "mudah digunakan" itu sendiri sangat relatif mengingat bagaimana kesulitan kita bila terkena serangan virus (dan besar kemungkinan anda pasti kena) maka slogan "userfriendly os" bisa berubah menjadi "user nightmare", belum lagi biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan linux dibanding dengan OS lain. "Kemudahan itu muncul dari kebiasaan", jika kita terbiasa menggunakan linux maka dijamin yang terasa mudah adalah linux. Sama halnya dengan mereka yang terbiasa menyetir sebelah kiri kemudian harus mengendarai mobil bersetir kanan maka wajar jika terasa kagok di awalnya, bahkan pindah dari mobil Jepang ke mobil Eropa saja kadang bikin kejadian lucu, mau belok yang dinyalakan wiper.

1 komentar:

Diva mengatakan...

Memang Mas, virus-virus baru selalu bermunculan tiap harinya, hampir 20 lebih bisa dipastikan menyebar. Salah satu cara mencegah yang utama adalah dari kita sendiri, seperti kebiasaan berinternet, dan kita jangan teledor. salam kenal, saya kebetulan punya hoby di komputer, jadi postingan saya kebanyakan tentang komputer, terutama virus