iklan test

Senin, Mei 29, 2006

Warnet saya untung, balik modal atau merugi?

Dibawah ini ada cara sederhana untuk menghitung. Cara ini menghitung beberapa variabel yang dapat anda sesuaikan dengan kondisi warnet anda seperti:

- Nilai Total Investasi
- Harga Jual
- Utilisasi warnet

Tabel perhitungan ini akan menghasilkan lamanya bulan balik modal sebagai hasil akhir.

Kita andaikan saja sebuah warnet 15 PC dengan Nilai Total Investasi Rp 220.000.000,- dan jangka waktu kontrak lokasi adalah 24 bulan ( 2 tahun ). Berapa lama kah jangka waktu balik modal warnet tersebut dengan harga jual Rp 4000/jam, Rp 5000/jam dan Rp 6000/jam? Tabelnya adalah sbb:

(A) Jumlah PC: 15
(B) Jam buka : 08.00 - 24:00 (16 jam )
(C) Biaya Operasional: Rp 11 juta / bulan
(D) Harga Jual: Rp 4000 / jam
(E) 1 bulan: 25 Hari Kerja
(F) Investasi: Rp 220 juta

Utilisasi
(1)
PC Aktif
(2)
Total Harian
(3)
Bruto
(4)
Netto
(5)
Bulan BEP
(6)

(1) * (A) (A) * (D) * (2) (3) * (E) (4) - (C) (F)/(5)
90% 13,5 864.000 21.600.000 10.600.000 20,75
80% 12 768.000 19.200.000 8.200.000 26,83
70% 10,5 672.000 16.800.000 5.800.000 37,93
60% 9 576.000 14.400.000 3.400.000 64,71
50% 7,5 480.000 12.000.000 1.000.000 220

(A) Jumlah PC: 15
(B) Jam buka : 08.00 - 24:00 (16 jam )
(C) Biaya Operasional: Rp 11 juta / bulan
(D) Harga Jual: Rp 5000 / jam
(E) 1 bulan: 25 Hari Kerja
(F) Investasi: Rp 220 juta

Utilisasi
(1)
PC Aktif
(2)
Total Harian
(3)
Bruto
(4)
Netto
(5)
Bulan BEP
(6)

(1) * (A) (A) * (D) * (2) (3) * (E) (4) - (C) (F)/(5)
90% 13,5 1.080.000 32..400.000 21.400.000 13,75
80% 12 960.000 28.800.000 17.800.000 16,92
70% 10,5 840.000 25.200.000 14.200.000 22
60% 9 720.000 21.600.000 10.600.000 31,43
50% 7,5 600.000 18.000.000 7.000.000 55

(A) Jumlah PC: 15
(B) Jam buka : 08.00 - 24:00 (16 jam )
(C) Biaya Operasional: Rp 11 juta / bulan
(D) Harga Jual: Rp 6000 / jam
(E) 1 bulan: 25 Hari Kerja
(F) Investasi: Rp 220 juta

Utilisasi
(1)
PC Aktif
(2)
Total Harian
(3)
Bruto
(4)
Netto
(5)
Bulan BEP
(6)

(1) * (A) (A) * (D) * (2) (3) * (E) (4) - (C) (F)/(5)
90% 13,5 1.296.000 27.000.000 16.000.000 10,28
80% 12 1.152.000 32.000.000 13.000.000 12,36
70% 10,5 1.008.000 21.800.000 10.000.000 15,49
60% 9 864.000 18.000.000 7.000.000 20,75
50% 7,5 720.000 15.000.000 4.000.000 31,43

Dari ketiga tabel di atas kita bisa liat hubungan langsung antara strategi penetapan harga jual, utilisasi dan bagaimana efeknya terhadap jangka waktu balik modal warnet anda. Silahkan anda masukkan variabel-variabel warnet anda di tabel tabel tersebut dan pelajari apakah strategi bisnis warnet anda sudah memenuhi syarat untuk disebut warnet yang meraih keuntungan, sekedar balik modal atau malah merugi.

10 komentar:

Anonim mengatakan...

mudah mudahn punya gue bisa untung yah

udeystar mengatakan...

terlepas dari itu semua, kita akan dapat lebih dari apa yang namanya untung, jikalau kita memulainya dengan ikhlas dan juga doa untuk memajukan negeri ini dengan yang namanya informasi dan pendidikan.
Jikalau kita membuat warnet dengan menomor duakan yang namanya balikmodal, untung besar,... dengan menomorsatukan yang namanya penyebaran ilmu lewat internet [apapun itu].
insyaallah yang maha besar disana mau mendengarkan doa kita2 yang berniat untuk turut memajukan negeri kita dengan pendidikan [internet]
::amin::

OP warnet [bisa=] guru

Daeng mengatakan...

include kontrakan utk 15 PC, terlalu besar investasinya jika 220 jt ces. paling maksimal 150 jt, itupun udh wah banget.
jk sebatas warnet non games, 100 juta udh bisa running...
rumus total harian mana variable "B" nya :)seharusnya.

=a*B*D

jika dihitung berdasarkan NPV (net present value) dgn menambahkan interest rate perbankan dgn modal 220 jt/15 client.... makin berat, kecuali berada di lokasi yg strategis.

bisnis warnet prioritas utama adalah lokasi, kualitas pelayanan, dan efisiensi permodalan dan operation cost. Dan tak kalah pentingnya SDM.

mas jamal mengatakan...

modal 220 jeti ? wah klo di daerah bisa jadi 4 warnet tuh bang pake vsat sisan :P . pendapatannya pun gak jauh beda ama yang di kota asal lokasi bagus dan penetrasi pasarnya bisa secara kontinyu kita lakukan.
gimana ? ada yang tertarik ngusung modalnya ke daerah ?? klo ada bisa kita joinan :)

budiwijaya mengatakan...

perhitungannya kok agak membingungkan ya?

coba dilihat di tabel harga 4000 misalnya, pada kolom total harian, saya menghitung kok jadinya sekitar 450.000, bukan 480.000?

kita hitung sama-sama:
A * D = 15 * 4000 = 60000
(A*D) * 2 = 60000*7.5 = 450.000

Jadi??

--budiw

anne(anne240687@yahoo.com) mengatakan...

halo!!
aku boleh nanya2 gak??
aku dapat tugas negh namanya hubungan investor, dan aku dan teman2 kelompokku punya ide untuk membuat wnet dengan kapasitas 30 unit pc gt. kira2 biayanya berpa ya mas??
ini hany perkiraan aja, cuman aku bener2 bigung soal perangkat komputer apalagi untuk wnet gt!!
makasih bgt!!

Tunjung Tri Utomo mengatakan...

Wah klo masa kontraknya cuma 2 tahun ya kemungkinan (sangat) besar akan rugi.

adi mengatakan...

Saya akan menjual warnet saya :
- Komputyer total 13 set pc P3
- Pendingin minuman
- AC
- 2 Printer
- 1 scan
- Meja kursi lengkap

Masih jalan, pemasukan bagus. Pemasukan sehari bisa Rp 500 - 700 rb. Sisa Kontrak masih 2 tahun. Rame deket sekolah deket kantor pemda. Depan jalan Utama. Lokasi Cibinong. Berminat serius hub. Adi 08129950652

Tiara mengatakan...

untuk 15PC, investasi maksimal cuma 100juta, itu juga udah termasuk sewa tahun pertama, pemasangan AC, dan modal kerja bulan pertama.

untuk harga jual memang bervariasi tergantung kualitas warnet, ada yang sampai 20ribu/jam, tapi yang pantes buat investasi segitu mah cuman 4rb/jam.

Kalo untuk menghitung untung atau rugi, mesti dihitung juga penyusutan asset. Sementara itu jumlah hari kayaknya bisa 30 hari per bulan, soalnya warnet mestinya gak boleh libur, karena sabtu minggu omset juga lumayan bagus.

FootNote mengatakan...

Pertamak gan potingnya, baru tahu nih cara ngitung balik modal warnet